Gambar

Ayam sepanjang hidupnya selalu merasakan teriknya matahari disiang hari, tanpa pernah sedikitpun merasakan keindahan rembulan malam. Sedangkan kelelawar selalu melihat keindahan ribuan bintang dan merasakan dinginnya malam dikehidupannya, tetapi ia tak sanggup untuk merasakan hawa panas disiang hari.

Andaikan ayam dapat menjadi seperti kelelawar dan kelelawar bisa menjadi seperti ayam, mereka pasti akan tahu dan mampu merasakan bagaimana kehidupan hewan lainnya.

 

Kita hidup ini sama seperti ayam dan kelelawar, ada yang mampu terus hidup dalam terangnya dunia dan ada juga yang mampu hidup dikegegelapan dunia ini.

Tak ada yang salah diantara kita, tak ada pula yang benar dikehidupan ini. Semuanya bisa saja menjadi jauh lebih baik dan bisa lebih sempurna, disaat kita sadar dan mampu membuka mata akan 2 kehidupan tersebut.

Disisi terang, gelap adalah sesuatu yang salah, sementara disisi gelap, terang justru adalah sesuatu yang salah.

Andai kita hidup tidak hanya melihat dan memikirkan sesuatu itu hanya ada 1 sudut pandang semata, pasti hidup ini akan jauh lebih sempurna.

Dikala si gelap membutuhkan cahaya, disaat itulah dia harus sadar, hidup ini tak akan selamanya gelap, disuatu saat kita pasti butuh si terang. Si terangpun juga haruslah sadarm disaat hidupmu selalu bercahaya, engkau tak akan menjadi sosok yang mulia bila si gelap tak hadir dikehidupan ini.

Kita tak harus mencoba menjadi si gelap agar mengetahui bagaimana kehidupan si gelap yang sebenarnya. Akan tetapi kita cukup merasakan dengan hati dan pikiran saja bagaimana jika kehidupan kita ini sama jalannya dengan si gelap.

Begitupun si gelap, kalian memang harus menjadi seperti si terang agar kehidupan kalian bisa jauh lebih baik, akan tetapi proses agar kalian mampu menjadi terang tidaklah memakan waktu singkat, karena lampu tidak akan menyala bila tak ada yang memberikannya tenaga (semangat).

Maka dari itu, mari kita bersama-sama belajar untuk menghargai 1 dengan yang lainnya, kita tidak akan mampu menjadi seorang pemenang bila dikehidupan kita selalu ada perselisihan. Perbedaan itu memang akan selalu ada, akan tetapi menyalahkan perbedaan justru itu awal timbulnya perpecahan dan penyebab perang yang menghancurkan dunia.

 

Life Is A Choice And The Choice That There Hands We.

-Putih tak selamanya bersih dan hitampun tak selamanya kotor-