122

Assalamuallaikum.wr.wb

Nama organisasi atau asosiasi pengendara sepeda motor di Indonesia bahkan di seluruh dunia sepertinya telah rusak saat ini karena kehadirannya yang namanya geng motor. Banyak masyarakat bahwa club motor, komunitas motor dan geng motor itu sama saja dan tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Selain itu citra organisasi motor yang telah resmi pun menjadi rusak akibat hadirnya geng motor ini.

Setiap orang memiliki hobby dan kemampuan yang berbeda-beda dalam melakukan sesuatu, baik dari segi kegiatan ekonomi, sosial, agama, dan sebagainya. Begitupun dengan orang-orang yang memiliki kegemaran bermotor, ada yang hanya hobby berjalan-jalan menggunakan motornya, ada juga yang hobby memodifikasi motor, ada yang menggunakan motor sebagai alat untuk menghasilkan uang, bahkan ada juga yang memanfaatkan motornya sebagai alat untuk melakukan kejahatan.

Begitupun dengan club motor, komunitas motor dan geng motor. Mereka ini memiliki 1 kesamaan, yaitu sama-sama menggunakan sepeda motor dalam melakukan kegiatannya, akan tetapi mereka juga memiliki banyak sekali perbedaan yang saat ini belum banyak diketahui oleh masyarakat banyak.

Orang-orang banyak beranggapan bahwa club motor, komunitas motor dan geng motor itu sama saja, mereka sama-sama hobby ngebut saat di jalan raya. Tetapi saya tidak bisa membantah itu semua, karena setiap orang memiliki pemahaman tersendiri dalam melihat dan mengambarkan sesuatu, saya hanya bisa sedikit memberikan saran kepada masyarakat bahwasannya ketiga hal tersebut sebenarnya berbeda.

Club motor adalah sekumpulan orang yang memiliki hobby mengendarai motor dan mereka lebih cenderung melakukan hal-hal yang jauh lebih positif dibandingkan yang lainnya. Komunitas motor adalah sekumpulan orang yang sama hal nya dengan club motor yaitu hobby mengendarai sepeda motor, tetapi komunitas motor lebih kepada sekumpulan orang yang memiliki sepeda motor 1 pabrikan atau 1 jenis sepeda motor, sedangkan komunitas motor itu sekumpulan orang yang berbeda pabrik dan jenis sepeda motornya.

Selain itu, club motor dan komunitas motor ini sosialisasi 1 dengan yang lainnya itu sangatlah erat, karena mereka beranggapan meskipun berbeda kumpulan dan berbeda bendera, tetapi mereka tetaplah 1 keluarga.

Perbedaan antara club motor dan komunitas motor itu juga dapat dilihat dari beberapa hal, diantaranya :

 

Club Motor

  1. Pengendaranya selalu menggunakan peralatan safety ridding dalam berkendara, seperti helm, jaket, sepatu, masker dan yang lainnya.
  2. Selain pengendaranya yang safety, sepeda motor yang mereka gunakanpun juga safety. Sepertu menambahkan box dibelakang motor untuk menyimpan helm dan peralatan motor lainnya.
  3. Club motor hanya terdiri dari satu jenis motor. Contoh : HCST (Honda City Sport Team) adalah club motor yang beranggotakan orang-orang yang memiliki sepeda motor cs1.
  4. Dalam manajemen kepengurusan, club motor menganut sistim nasional atau setiap daerah pasti ada 1 club motor yang sama dengan club motor lain.
  5. Club motor memiliki AD/ART yang jelas dan tercatat dalam kepolisian dan pabrik sepeda motor yang mereka gunakan.
  6. Setiap club motor memiliki tujuan dalam berkendara dan peraturan-peraturan yang tidak memberatkan anggotanya.
  7. Setiap tahunnya mereka selalu melakukan touring untuk mengaplikasikan hobby mereka sekaligus bersosialisasi dengan club motor di daerah lainnya.

Komunitas Motor

  1. Komunitas motor ini tidak bersifat nasional, karena mereka menganut sistim kedaerahan.
  2. Komunitas motor terdiri dari berbeda jenis motor dan berbeda pabrikan.
  3. Mereka lebih cenderung kepada kegiatan nongkrong-nongkrong bareng dan berdasarkan keinginan membangun kreatifitas.
  4. AD/ART mereka simple, tetapi tidak tercatat di kepolisian.
  5. Komunitas motor ini lebih cenderung kepada mengenal suatu kesolidaritas, karena meskipun berbeda jenis motor, mereka tetaplah 1 keluarga.
  6. Komunitas motor juga selalu menerapkan safety ridding dalam berkendara.

Selain perbedaan itu, club motor dan komunitas motor juga memiliki kesamaan, yaitu :

  1. Mereka sama-sama suka dan gemar melakukan kegiatan sosial
  2. Mereka memiliki lambang yang mengambarkan organisasi mereka.
  3. Mereka selalu melakukan kegiatan kopdar untuk mempererat tali silahturahmi antar setiap anggota.

Jadi sudah jelas, bahwa club motor dan komunitas motor itu sebenarnya berbeda, tetapi meskipun mereka berbeda, tetapi mereka tetap sama-sama memiliki kegiatan yang positif. Selain itu saja juga akan menjelaskan beberapa hal seputar geng motor.

Geng Motor

  1. Mereka sama sepertu komunitas motor, karena mereka terdiri dari jenir motor dan pabrikan yang berbeda.
  2. Mereka selalu melanggarkan peraturan berlalu lintas dan mereka juga tak menerapkan safety ridding dalam berkendara.
  3. Mereka juga memiliki peraturan, tetapi peraturan yang terdapat didalamnya lebih kepada hal yang negatif.
  4. Beranggotakan orang-orang yang gemar melakukan hura-hura, seperti mabuk-mabukan, narkoba, seks bebas, dan sebagainya.
  5. Anggota mereka cenderung lebih banyak laki-laki, mereka juga memiliki anggota perempuan, tetapi kaum hawa ini cenderung di manfaatkan sebagai alat pemuas nafsu mereka semata.
  6. Dalam melakukan kegiatan sehari-hari, mereka selalu membawa sajam, seperti pisau, bom molotof, pedang, dan sebagainya.
  7. Dalam pelantikan anggota, mereka selalu menerapkan sistim kekerasan.
  8. Geng motor selalu kumpul didaerah-daerah yang gelap dan mereka juga memiliki 1 tempat khusus (basecamp) yang jauh dari keramaian.
  9. Mereka hobi melakukan kekerasan ketimbang melakukan kegiatan sosial.
  10. Motor yang mereka gunakanpun sepeti motor curian, tanpa spion, tanpa lampu utama, dan sebagainya.

Semoga kalian semua yang membaca ini dapat mempertimbangkan kembali dalam melontarkan pendapat dan bagi kalian yang memiliki hobby berkendara sepeda motor dan ingin bergabung dengan organisasi motor, semoga tulisan ini dapat menjadi suatu acuan buat kalian dalam memutuskan ingin bergabung di organisasi atau komunitas motor.

Bila anda ingin mengetahui lebih jelas lagi apa yang membedakan ketiganya, mungkin anda dapat bergabung kedalam salah satu diantar ketinganya. Karena kita tidak akan pernah tahu, bila kita belum mencoba dan melakukannya secara nyata. Tetapi kalau saya boleh saran, lebih baik anda bergabung di club motor atau komunitas motor ketimbang bergabung di dalam geng motor.

Wassalamuallaikum.wr.wb

uploads--1--2012--04--Club-Motor-Polres