Pernahkah merasa bahwa orang-orang di sekitar Anda telah memiliki pasangan, kecuali Anda sendiri? Mereka yang melajang kerap mendapat tekanan, baik dari teman maupun keluarga.

Perlu diingat, melajang bukan berarti ada sesuatu yang salah dengan diri Anda. Berpikir positif sangat penting agar tak langsung menerima orang lain hanya karena bosan dengan tekanan dari luar.

Ada rahasia bagi mereka yang masih belum menemukan pasangan, seperti dikutipYourtango.

1. Fokus pada diri sendiriBuatlah daftar hal-hal yang ingin Anda lakukan, tempat-tempat yang ingin Anda kunjungi, pengalaman Anda ingin miliki dan mulailah melakukannya. Jangan menunggu memulai hidup hingga menemukan seseorang untuk berbagi. Jalani kehidupan seperti Anda belum pernah hidup sebelumnya.2. Ingatlah bahwa ini hanya sementara

Selama hidup Anda mengalami banyak kejadian dalam kehidupan, ini hanya salah satu diantaranya. Jangan terjebak untuk melihat apa yang akan terjadi pada musim berikutnya sehingga Anda lupa menikmati musim saat ini.

Alih-alih melihat masa depan yang lebih baik, konsentrasi untuk menjalani kehidupan hebat sekarang.

3. Perlihatkan realitasLuangkan waktu dengan pasangan suami-istri atau teman yang memiliki hubungan jangka panjang untuk memperlihatkan realitas menjalin hubungan pada diri.

Menjadi pasangan seseorang memang sesuatu yang indah, tapi tidak bila hidup dalam hubungan yang tak sehat, atau hubungan tanpa tantangan. Mengamati pasangan yang ada di sekitar akan memberi perspektif baru yang mungkin tak Anda sadari sebelumnya.

4. Abaikan budaya dan tradisiIngat, sebagian besar pasangan yang mengikuti tradisi misalnya harus menikah di usia sekian, tak mencerminkan hidup Anda. Walaupun seringkali sulit dilakukan karena menyangkut keluarga, tak perlu mengikuti target yang berlaku umum di masyarakat.

5. Jangan terlalu keras pada diri sendiri Hanya karena Anda telah merasakan pengalaman dan bepergian di tempat yang sama, tak berarti Anda mengulang pola tersebut berulang-ulang.

Sebuah perubahan kecil akan menjadi tantangan dan cara bertemu orang yang berbeda. Langkah sederhana ini akan menarik perhatian orang lain dalam hidup Anda.

Yang tak kalah penting, selalu ingatkan diri bahwa Andalah pemeran utama dalam kehidupan Anda sendiri. Jangan membiarkan orang lain mendikte Anda mengenai kebahagiaan.

Sumber : VivaNews