Assalamuallaikum.wr.wb

Sebelumnya saya berterima kasih kepada anda yang bekenan untuk membaca catatanku ini, apabila terdapat salah-salah kata di dalam catatan ini saya meminta maaf yang begitu besar kepada anda semuanya dan kepada ALLAH Swt saya memohon ampun.

Tomboy dan Feminim, kita pasti sering menyebut hal ini atau merasakan makna dari kata ini pada diri kita sendiri. Tomboy lebih identik dengan sosok seorang wanita yang memiliki sifat dan karakteristik yang hampir sama seperti seorang pria. Seperti berambut pendek, hobby bermain bola kaki, pemarah dan sebagainya. Sedangkan seseorang yang Feminim lebih identik dengan seorang wanita yang lebih mencolok dengan sifat dan karakter wanita yang sesungguhnya, seperti memakai sepatu hak tinggi, menggunakan rok, menggunakan lipstik dan sebagainya. Tapi bagaimana dengan seseorang yang memiliki sifat Feminim tapi juga memiliki sifat Tomboy, atau juga sebaliknya.

Pada dasarnya dan pada hakikatnya, setiap orang yang ada di bumi ini memiliki sifat dan karakter yang berbeda-beda dan dari perbedaan itulah setiap orang dapat membandingkan mana yang baik dan mana pula yang buruk. Pada intinya, baik itu Tomboy maupun Feminim di mata Allah Swt mereka sama saja, akan tetapi kita manusia inilah yang selalu menganggap itu sebagai hal yang aneh. Ada yang berangapan kalau Tomboy itu adalah sifat yang tidak wajar bagi seorang wanita, karena wanita seharusnya memiliki sifat yang lemah lembut, begitupun dengan wanita yang Feminim, ada orang-orang yang beranggapan kalau sifat Feminim itu adalah sifat wanita yang terlalu berlebih-lebihan, atau istilah orang sekarang adalah lebay, karena mereka terlalu menunjukan kelebihan yang ada pada dirinya pada orang lain, baik itu dari kecantikannya, maupun dari dandanannya. Tapi kembali lagi pada dasar nilai kehidupan, bahwasannya setiap individu itu memiliki persepsi masing-masing dalam menilai apa yang ada di sekitarnya.

Pada hakikatnya wanita haruslah memiliki karakteristik yang wajar dan selayaknya seorang perempuan yang seutuhnya, yaitu memiliki sifat yang shaleha dan berbudi pekerti yang baik. Coba sekarang kita explore wanita-wanita yang ada di sekitar kita, apakah mereka memiliki sifat yang Tomboy atau sifat yang Feminim.

Maraknya cewek Tomboy ataupun cewek yang Feminim itu bukan disebabkan oleh pengaruh keturunan atau genetik dari keluarganya, munculnya sifat Tomboy maupun Feminim itu di akibatkan dari pergaulan yang ada pada sekelilingnya dan faktor inilah yang biasanya menyebabkan perubahan yang signifikan pada anak-anak maupun orang yang telah dewasa sekalipun. Orang tua mereka tidak salah dalam mendidik anak-anaknya, hanya saja orang tua mereka tidak terlalu memperhatikan bagaimana pergaulan yang geluti oleh anak mereka.

Layaknya sebuah pepatah mengatakan banyaknya jalan menuju jakarta, eh maksudnya menuju roma, maka para perempuan saat ini lebih menganggap kalau cewek yang Tomboy maupun Feminim itu sudah menjadi salah satu tren di masa modern sekarang ini. Pergaulan saat ini sudah sangat berkembang sekali, banyak sekali contoh pergaulan yang kurang baik pada masa sekarang ini, tapi pada dasarnya dimana ada hal yang kurang baik atau buruk, pasti ada juga hal yang baik.

Rumput tetaplah rumput dan tembok tetaplah sebuah tembok. Setinggi apapun rumput pasti ujung2nya akan patah dan layu juga dan dimana-mana yang namanya tembok pastilah keras dan kuat. Begitupun dengan cewek, meskipun dia memiliki sifat seperti cowok sekalipun yang namanya cewek pasti memiliki hati yang lembut dan gampang luluh, bahkan meneteskan air mata.

Mau dia Tomboy kek, mau dia Feminim kek, buat gue sih sama saja. Toh nanti pada saat mereka telah menikah ujung-ujungnya mereka pasti akan menjadi sosok seorang ‘Ibu’ yang harus memiliki sifat yang lembut dalam merawat dan membesarkan anaknya. Jadi jangan buat para pria-pria jangan pernah takut dengan cewek yang bisa di kategorikan ‘Preman’ sekalipun. Ingatlah, cewek yang Feminim belum tentu dia memiliki sifat yang sangat lembut pada orang lain dan cewek yang Tomboy belum tentu dia memiliki sifat yang sangat kasar pada orang yang disayanginya. Feminim ataupun Tomboy itu hanyalah sebuah julukan, bukanlah sebuah gender ataupun pengubah jati diri seseorang.

Untuk para cewek, saya saranin untuk tidak memiliki sifat yang terlalu galak atau kasar, layaknya seorang tukang kuli bangunan yang sedang mengejar sebuah proyek. Karena jangankan manusia atau laki-laki, Allah Swt saja tidak senang apabila umatnya merubah jati diri mereka yang tidak sesuai dengan martabatnya dan untuk para cewek yang Feminim jangan pernah berangapan kalau sifat kalian itu sudah wajar layaknya seorang perempuan, karena tidak seluruh laki-laki suka dengan cewek yang terlalu Feminim. Ingat, jadilah dan pertahankanlah jati diri kalian sendiri, jangan pernah berubah menjadi orang lain. Bila ingin terlihat cantik, bedandanlah sewajarnya saja, jangan terlalu berlebih-lebihan.

Mungkin ini saja yang dapat saya tuliskan, semoga bermanfaat untuk kalian semua yang membacanya.

Wassalamuallaikum.wr.wb