Tomboy vs Feminim

2 Komentar

Assalamuallaikum.wr.wb

Sebelumnya saya berterima kasih kepada anda yang bekenan untuk membaca catatanku ini, apabila terdapat salah-salah kata di dalam catatan ini saya meminta maaf yang begitu besar kepada anda semuanya dan kepada ALLAH Swt saya memohon ampun.

Tomboy dan Feminim, kita pasti sering menyebut hal ini atau merasakan makna dari kata ini pada diri kita sendiri. Tomboy lebih identik dengan sosok seorang wanita yang memiliki sifat dan karakteristik yang hampir sama seperti seorang pria. Seperti berambut pendek, hobby bermain bola kaki, pemarah dan sebagainya. Sedangkan seseorang yang Feminim lebih identik dengan seorang wanita yang lebih mencolok dengan sifat dan karakter wanita yang sesungguhnya, seperti memakai sepatu hak tinggi, menggunakan rok, menggunakan lipstik dan sebagainya. Tapi bagaimana dengan seseorang yang memiliki sifat Feminim tapi juga memiliki sifat Tomboy, atau juga sebaliknya.

Pada dasarnya dan pada hakikatnya, setiap orang yang ada di bumi ini memiliki sifat dan karakter yang berbeda-beda dan dari perbedaan itulah setiap orang dapat membandingkan mana yang baik dan mana pula yang buruk. Pada intinya, baik itu Tomboy maupun Feminim di mata Allah Swt mereka sama saja, akan tetapi kita manusia inilah yang selalu menganggap itu sebagai hal yang aneh. Ada yang berangapan kalau Tomboy itu adalah sifat yang tidak wajar bagi seorang wanita, karena wanita seharusnya memiliki sifat yang lemah lembut, begitupun dengan wanita yang Feminim, ada orang-orang yang beranggapan kalau sifat Feminim itu adalah sifat wanita yang terlalu berlebih-lebihan, atau istilah orang sekarang adalah lebay, karena mereka terlalu menunjukan kelebihan yang ada pada dirinya pada orang lain, baik itu dari kecantikannya, maupun dari dandanannya. Tapi kembali lagi pada dasar nilai kehidupan, bahwasannya setiap individu itu memiliki persepsi masing-masing dalam menilai apa yang ada di sekitarnya.

Pada hakikatnya wanita haruslah memiliki karakteristik yang wajar dan selayaknya seorang perempuan yang seutuhnya, yaitu memiliki sifat yang shaleha dan berbudi pekerti yang baik. Coba sekarang kita explore wanita-wanita yang ada di sekitar kita, apakah mereka memiliki sifat yang Tomboy atau sifat yang Feminim.

Maraknya cewek Tomboy ataupun cewek yang Feminim itu bukan disebabkan oleh pengaruh keturunan atau genetik dari keluarganya, munculnya sifat Tomboy maupun Feminim itu di akibatkan dari pergaulan yang ada pada sekelilingnya dan faktor inilah yang biasanya menyebabkan perubahan yang signifikan pada anak-anak maupun orang yang telah dewasa sekalipun. Orang tua mereka tidak salah dalam mendidik anak-anaknya, hanya saja orang tua mereka tidak terlalu memperhatikan bagaimana pergaulan yang geluti oleh anak mereka.

Layaknya sebuah pepatah mengatakan banyaknya jalan menuju jakarta, eh maksudnya menuju roma, maka para perempuan saat ini lebih menganggap kalau cewek yang Tomboy maupun Feminim itu sudah menjadi salah satu tren di masa modern sekarang ini. Pergaulan saat ini sudah sangat berkembang sekali, banyak sekali contoh pergaulan yang kurang baik pada masa sekarang ini, tapi pada dasarnya dimana ada hal yang kurang baik atau buruk, pasti ada juga hal yang baik.

Rumput tetaplah rumput dan tembok tetaplah sebuah tembok. Setinggi apapun rumput pasti ujung2nya akan patah dan layu juga dan dimana-mana yang namanya tembok pastilah keras dan kuat. Begitupun dengan cewek, meskipun dia memiliki sifat seperti cowok sekalipun yang namanya cewek pasti memiliki hati yang lembut dan gampang luluh, bahkan meneteskan air mata.

Mau dia Tomboy kek, mau dia Feminim kek, buat gue sih sama saja. Toh nanti pada saat mereka telah menikah ujung-ujungnya mereka pasti akan menjadi sosok seorang ‘Ibu’ yang harus memiliki sifat yang lembut dalam merawat dan membesarkan anaknya. Jadi jangan buat para pria-pria jangan pernah takut dengan cewek yang bisa di kategorikan ‘Preman’ sekalipun. Ingatlah, cewek yang Feminim belum tentu dia memiliki sifat yang sangat lembut pada orang lain dan cewek yang Tomboy belum tentu dia memiliki sifat yang sangat kasar pada orang yang disayanginya. Feminim ataupun Tomboy itu hanyalah sebuah julukan, bukanlah sebuah gender ataupun pengubah jati diri seseorang.

Untuk para cewek, saya saranin untuk tidak memiliki sifat yang terlalu galak atau kasar, layaknya seorang tukang kuli bangunan yang sedang mengejar sebuah proyek. Karena jangankan manusia atau laki-laki, Allah Swt saja tidak senang apabila umatnya merubah jati diri mereka yang tidak sesuai dengan martabatnya dan untuk para cewek yang Feminim jangan pernah berangapan kalau sifat kalian itu sudah wajar layaknya seorang perempuan, karena tidak seluruh laki-laki suka dengan cewek yang terlalu Feminim. Ingat, jadilah dan pertahankanlah jati diri kalian sendiri, jangan pernah berubah menjadi orang lain. Bila ingin terlihat cantik, bedandanlah sewajarnya saja, jangan terlalu berlebih-lebihan.

Mungkin ini saja yang dapat saya tuliskan, semoga bermanfaat untuk kalian semua yang membacanya.

Wassalamuallaikum.wr.wb

Iklan

Sinarmu

Tinggalkan komentar

Ketika sang surya menutup sinarnya,

Rembulan datang menerangi malam,

Disaat engkau menahan sakitnya,

Dan menahan kepedihan sepanjang malam.

 

Letih yang engkau berikan,

Bukan apa-apa bagimu,

Hanya keikhlasan dan ketulusan,

Yang menjadi semangat hari-harimu.

 

Kata-kata yang engkau lontarkan,

Seakan sebuah sabda menuju surga,

Perintah yang selalu engkau berikan,

Aku selalu mengingkarinya.

 

Hanya 1 impianmu,

Yaitu kebahagianku,

Hanya 1 cita-citamu,

Yaitu keshalehanku.

 

Begitu tulus cintamu,

Begitu besar hatimu,

Begitu banyak kesalahanku,

Begitu Pula dosaku padamu.

 

Ibu!!!

Engkau selalu menimangku,

Selalu memberikan semua kasihmu,

Dan mengajarkan aku sesuatu,

Bahwa engkau sangat berarti dalam hidupku.

Rumah dan mobil mewah yang ku miliki,

Tidak mampu membalas semua salahku,

Kata maaf dan air mata tulus yang ku beri,

Seakan menghapus semua salahku padamu.

 

Ibu!!!

Semua jejak kakimu selama ini,

Tidak akan pernah terhapuskan,

Karena jalan yang engkau lalui,

Adalah surga yang engkau berikan.

 

Ibu!!!

Aku tak rela daun-daunmu berguguran,

Berguguran dari dahan,

Aku tak rela sayangmu berjatuhan,

Berjatuhan keneraka sang tuhan.

 

Ibu!!!

Hidup ini hanya 1 kali,

Matipun hanya 1 kali,

Begitupun cinta ini,

Yang akan selalu ada sampai akhirat nanti.

Kontemporer

2 Komentar

Assalamuallaikum.wr.wb

Ketika meratapi gelapnya langit disiang hari, mengingatkan akan kesalahan dan kesedihan atas apa yang telah dilalui dihari kemarin. Ketika melihat cerahnya langit sesaat setelah hujan berhenti, apalagi dengan hiasan warna-warninya pelangi yang menambah keindahan birunya atap alam semesta, mengingatkan kejadian indah dan tidak akan pernah terlupakan di dalam kehidupan kita (sok puitis amat ya).

Begitulah yang di alami oleh Anto, terkadang hatinya terasa dikebun bunga apabila sedang jatuh cinta pada seorang wanita dan melaluinya dengan sangat indah, akan tetapi seperti halnya ‘bila ada putih maka ada hitam’, maka dimana ada kisah indah pasti akan ada kisah buruk. Anto menjalani kisahnya cintanya dengan sangat sulit, sehingga membuatnya selalu ragu dengan apa yang ada dihatinya. Anto adalah seseorang yang membinggungkan, disaat bersama teman-temannya, si Anto adalah orang yang cerewet saat dia sedang bersama teman-teman sekelasnya maupun teman-teman akrabnya, akan tetapi dia tidak secerewet orang-orang yang cerewet. Anto lebih senang diam apabila dia sedang memikirkan sesuatu dan apabila dia sedang tidak enak badan atau sakit, maka Anto pasti tidak banyak omong. Tetapi itu hanya berlangsung saat dia sedang bersama teman-temannya saja, apabila sedang dirumah Anto adalah anak yang tidak terlalu cerewet atau bisa dibilang seorang anak yang biasa-biasa saja.

Tapi tidak saat dia sedang bertemu dengan seseorang yang disukainya. Iya, Citra adalah seorang wanita yang disukai oleh anto, apabila Anto bertemu dengan Citra secara langsung, sifat Anto pun berubah drastis seolah ulat yang langsung berubah menjadi seekor kupu-kupu. Anto yang awalnya cerewet ketika bersama teman-temannya langsung diam terpaku saat melihat Citra, ‘Cinta mampu merubah segalanya’ istilah ini sepertinya tepat sekali dengan apa yang dialami Anto.

Awal kisah kasih di sekolah, eh maksudnya kisah kasih si Anto di mulai dari salah satu kantin yang ada di kampus sih Anto. Ketika itu si Anto tidak kenal dengan Citra, akan tetapi karena dia penasaran dengan wanita yang apabila kemana-mana pasti selalu dengan temannya ini, maka Anto pun bertanya dengan Budi (teman sekelasnya).

Anto    : Di, kamu kenal tidak dengan cewek itu ?

Budi    : Kenal, kenapa emangnya to ?

Anto    : Siapa namanya di ? anak fakultas mana ?

Budi    : Namanya Citra, dia anak fakultas kedokteran. Kenapa emangnya to ?

Anto    : Gak kenapa-kenapa kok ^_^

Budi    : Yakin ?

Anto    : Sedikit sih, eh ada nomor hpnya gak ?

Budi    : Ada, nih nomornya 0852xxxxxxxx

Anto    : Makasi ya di 🙂 

Budi    : Sama-sama 🙂 

Setelah mendapatkan nomor hpnya Citra, Anto pun langsung sms sih Citra. Citra pun membalas sms Anto yang berisi ‘maaf ini siapa ya’, dengan seketika setelah membalas sms itu Antopun langsung membalasnya ‘saya anto temannya budi, bla..bla…bla…’ dan merekapun berlanjut sms’an.

3 hari berlalu, saat itu kebetulan Anto dan Budi baru keluar dari kelasnya, seketika itu pula Anto dan Budi pun bertemu dengan Citra, akan tetapi saat itu Citra belum tahu dengan Anto. Pada saat itu Budi teriak, ‘Citra ada salam dari Anto’, saat itu pula Anto terkejut dengan teriakan si Budi, akan tetapi sih Citra hanya membalas teriakan sih Budi tersebut dengan senyuman manisnya. Sesaat itu Anto langsung mengambil hp yang berada di saku celananya dan langsung sms Citra, ‘maafin budi tadi ya cit, budi memang iseng orangnya J’ dan Citrapun membalas, ‘oh jadi itu toh kamu J’. Sesaat Citra telah mengetahui siapa Anto, disaat itulah hubungan mereka mulai berjalan dengan sangat baik. Karena Anto adalah orang yang pemalu apabila mengobrol dengan orang yang dia sukai, maka hanya di malam hari Anto dapat mengobrol dengan Citra, itupun hanya melalui via telpon.

1 bulan pun berlalu, hubungan Anto dan Citrapun semakin akrab, pada hari jum’at dan pada hari itu kebetulan adalah bulan muda, sepulang kuliah Citra pun pergi ke mall untuk membeli titipan dari Ibunya (belanja bulanan gitu). Sesaat sebelum shalat jum’at tiba Anto pun sms Citra.

Anto    : citra, lagi dimana ?

Citra    : lagi dimall nih, kenapa ?

Anto    : oh, boleh nyusul kesana gak ?

Citra    : ehmm, boleh-boleh saja, tapikan bentar lagi mau jum’atan.

Anto    : iya nanti habis jum’atan saya langsung kesana ya, tapi kalau tidak dibolehin sih gak kenapa-kenapa 🙂

Citra    : boleh kok, ya uda kamu nya jum’atan dulu sana 🙂 

Anto    : ok deh ^_^

Seusai shalat jum’at, Anto pun dengan semangatnya yang bergebuh-gebuh langsung pergi menuju mall. Setibanya di mall, Anto pun langsung bertemu dengan Citra dan mereka berjalan seolahnya seorang teman. 2 jam pun berlalu dan hari telah sore, maka Citra dan Anto pun langsung menuju keluar mall dan pulang kerumah mereka masing-masing. Pada malam harinya Anto dengan perasaan gembiranya langsung menelpon Citra. Diselang-selang obrolan asik mereka di malam itu, Anto pun menyepatkan untuk mengatakan perasaannya terhadap Citra.

Anto    : cit, aku boleh mengatakan sesuatu gak ?

Citra    : boleh, apa to ?

(dengan perasaan deg-deg’an Anto pun mencoba untuk mengatakan perasaannya itu)

Anto    : aku cinta padamu cit, maukah kamu jadi pacarku ?

Citra    : ehmm. Maaf ya to, saya belum mau pacaran dulu 🙂 , sekali lagi maaf ya to.

(dengan sedikit rasa menyesal, Anto pun mencoba menjawab nya)

Anto    : oh ya uda, gak apa-apa kok 🙂 

2 bulan berlalu, di hari sabtu Anto berniat ingin kerumah Citra untuk memberikannya sesuatu yang menurut Anto sangat berharga. Setiba di rumah Citra, Anto pun langsung memberikan barang yang menurutnya sangat berharga tersebut dan Citra pun menerimanya dengan senyuman. Sebelum pulang Anto pun mengajak Citra mengobrol sejenak, 15 menit berlalu dan hari telah menujukan jam 5 sore, maka Anto pun izin pamit dengan Citra.

Keesokan harinya Anto yang merasakan boring saat berada dirumah, dia pun berniat ingin kerumah Citra, akan tetapi saat itu Citra tidak mengizinkan nya, karena Citra tidak takut kedua orang tua nya marah apabila ada tamu cowok kerumahnya. Akan tetapi dengan tekat yang kuat dan di tambah rasa kangen yang besar, maka Anto pun yang awalnya berniat ingin mampir kerumah nya tiba-tiba mendadak terhentikan setelah melalui rumah Citra, karena dibalik rasa kangen ingin bertemu Citra, ada rasa takut apabila Citra di marahi kedua orang tuanya. Tapi dengan tekatnya yang besar, dia pun mencoba untuk mampir, tapi sebuah itu usai karena Citra langsung mengirimkan sms kepadanya, ‘kan sudah aku bilang, jangan mampir, sudah pulang aja sana’ dan dengan sedikit rasa takut Anto pun langsung pulang.

Tetapi kejadian tersebut ternyata merubah segalanya, dimana awalnya Citra dan Anto sangat dekat, mendadak tiba-tiba sifat Citra berubah terhadap Anto. Saat ketemu Anto, Citra seolah-olah cuek dengan dia dan itu pun berlangsung di hari selanjutnya, padahal Anto telah mengatakan maaf padanya.

Setelah kejadian itu, Anto seakan kehilangan semangatnya dan pada saat itu pula Anto dan Citra tidak pernah lagi mengobrol dengan Citra, bahkan sms Anto pun tidak pernah di balas sama sekali oleh Citra, akan tetapi selama 4 bulan berlalu perasaan cinta Anto terhadap Citra belum hilang. Bahkan bisa di bilang makin lama malah makin Cinta, seperti lagunya Nano yang berjudul ‘Sampai Ku Mati’.

Cerita di atas mengajarkan penulis tentang 1 hal, Cinta itu suatu sifat yang sangat-sangat sulit untuk di lupakan dan tidak ada yang nama nya Cinta yang bersifat kontemporer atau hanya semasa saja. Ingatlah ‘Cinta Itu Abadi’, jadi kejarlah orang yang kamu Cintai sampai ke surga (ce ilehh, gaya gue).

Mungkin hanya itu saja cerita singkat dari saya, meskipun sedikit tidak nyambung, tetapi saya berharap semoga cerita singkat dari saya tersebut dapat memberikan motivasi kepada anda sebuah, bahwasannya ‘Hidup ini hanya 1 kali dan Cinta pun hanya di miliki 1 kali’.

 

Nb : Saya sangat berterima kasih kepada ‘MY’ yang selalu memberikan saya inspirasi dan memberikan saya motivasi tersendiri, meskipun kamu tidak pernah mengetahui itu semua.

Wassalamuallaikum.wr.wb

Ombak Cinta

Tinggalkan komentar

Assalamuallaikum.wr.wb

Laut terhampar luas di bumi ini, warna biru yang di pantulkan seakan membuat hati ini merasakan kedamaian di dalam kesunyian hati ini. Begitupun kondisi hati ini yang merasakan kebimbangan dan tidak tahu harus melalui dan mengikuti arah yang mana.

Saat aku duduk di bangku sekolah dasar (SD), aku merasakan ada sesuatu yang beda saat itu, perasaan yang saat itu tidak dapat di ungkapan dengak sebuah kata.

Sosok wanita yang memiliki sama sepertiku, memiliki rambut yang panjang terurai dengan begitu halusnya, senyumnya yang begitu manis bagaikan madu yang baru di ambil dari sarang lebah, di tambah dengan wajah yang begitu sangat cantiknya. Saat dia menebarkan senyumannya padaku, tumbuh ini seakan melayang dan terbang tinggi bagaikan pesawat jet yang meluncur melewati atmosfer bumi.

Akan tetapi semua itu hanya dapat aku rasakan sesaat saja, karena dia harus pindah sekolah dan pergi keluar kota bersama kedua orang tuanya. Pada saat itu pula mata ini seakan tak kuasa menahan air mata dan hati ini seperti ingin pergi jauh dari dirinya. Tapi apa daya, langit terus berputar mengintari bumi dan air terus mengalir menyusuri alurnya.

Aku mencoba untuk mengkuatkan diri.

Aku mencoba untuk bersabar.

Aku mencoba tegar menghadapi semua ini.

Aku hanya bisa berdoa pada yang maha kuasa, semoga dia bahagia selamanya meski mata ini tak bisa lagi melihat parasnya yang cantik itu, hidung ini merasakan wangi parfum ketulusan dan hati ini tidak dapat lagi merasakan kebaikan yang selama ini aku jalani bersamanya.

Hari-hari terus berlalu, waktupun terus berjalan dan dedaunan yang ada di pohon makin lama makin berguguran, usiaku pun makin lama makin bertambah dan kehidupan di dunia inipun makin lama akan makin berkurang. Tapi tidak dengan perasaanku dengan wanita tersebut, semakin bertambahnya usia dan pengalaman dalam hidup ini, makin bertambah besar perasaan ini kepada dirinya. Namanya seakan telah terukir dengan begitu rapi di hati ini, sehingga tidak mampu terhapuskan di dalam kehidupku.

Banyak wanita yang telah mengisi kekosongan hati ini, tapi wajah dan namanya masih saja merekat di hati dan pikiran ini.

Tuhan perasaan apa yang sebenarnya terjadi di dalam diri ini. Kenapa aku tidak mampu melupakannya.

Pada suatu ketika aku mencoba untuk mencari tahu perasaan apa yang ada di dalam diri ini, perasaan yang selalu membelengu di lubuk hati ini. Hingga suatu hari aku menemukan sebuah kata yang hanya mempunyai 5 huruf tapi memiliki arti yang begitu banyaknya, yaitu “CINTA”.

Cinta adalah sebuah kata yang sampai saat ini masih menjadi kontroversi di semua kalangan, karena setiap orang memiliki pendapat sendiri dalam mengartikan kata cinta tersebut. Tapi cinta adalah sebuah kata yang luar biasa besar kandungan di dalamnya, karena dengan cinta orang menjadi bahagia, sedih, galau, senang, dan sebagainya.

Hingga saat itu aku terpikir dengan 1 kalimat, yaitu AKU CINTA ALLAH. Dari kalimat itulah aku tahu arti cinta yang sebenarnya, bahwa cinta adalah sebuah perasaan yang eksplisit dan abadi dan pada saat itulah juga aku tersadar kalau perasaanku pada dirinya itu mungkin tidak akan hilang meskipun dia jauh sekalipun.

Pada saat itu juga aku belajar, bahwa memendam perasaan cinta itu adalah hal yang sangat sulit, akan tetapi membohongi perasaan tersebut kepada orang lain sangatlah mudah dan perasaan cinta itu hadir begitu saja, apabila ada seseorang baru anda kenal, kemudian dia mengatakan cinta padamu, janganlah heran apa lagi takut, akan tetapi cobalah untuk meneliti dan menganalisis apakah perasaannya pada dirimu itu benar atau hanya bohong semata.

Cinta itu bagaikan ombak, dimana terkadang dia sangat di tunggu-tunggu oleh para surfing untuk berolahraga, tapi pada saat tertentu dia sangat berbahaya apabila ketinggiannya telah melampaui batas (tsunami). Jadi belajarlah dari pengalaman masa-masa lalumu dan dari pengalaman orang lain, karena suatu pengalaman melebihi seorang guru maupun dosen yang mengajar di sekolah/universitasmu.

Semoga cerita pendek yang sangat singkat dari saya ini dapat bermanfaat untuk anda semuanya, apabila terdapat salah-salah kata saya meminta maaf, kepada ALLAH saya memohon ampun.

Wassalamuallaikum.wr.wb