Assalamuallaikum.wr.wb

Setiap manusia yang hidup dizaman sekarang ini pasti pernah melakukan yang namanya KEBOHONGAN, baik itu KEBOHONGAN yang mutlak karena suatu kesalahannya maupun kesalahan orang lain dan biasanya orang yang melakukan kebohongan itu dikarenakan mereka dihantui rasa takut untuk mengungkapkan suatu kebenaran, baik itu disebabkan paksaan dari orang lain atau bahkan tekanan dari batin mereka sendiri. Akan tetapi ada juga yang sebagian orang yang menjadikan suatu KEBOHONGAN itu sebagai kebiasaan di dalam hidupnya, padahal jelas-jelas KEBOHONGAN itu adalah penyakit paling parah yang dapat merusak bahkan dapat menghancurkan dirinya sendiri.

 

Apa itu KEBOHONGAN ?

Menurut kamus Bahasa Indonesia, KEBOHONGAN itu diambil dari kata BOHONG yang berarti tidak benar, tidak sesuai dengan kenyataan sebenarnya, dusta, tidak asli, hal yang bersifat mengada-ada. Sedangkan KEBOHONGAN itu sendiri adalah hal yang berkenaan dengan suatu hal yang bersifat BOHONG. Jadi dapat diambil kesimpulan bahwasannya KEBOHONGAN itu adalah suatu kepalsuan yang tidak baik, karena segala yang dilakukannya itu hanyalah rekayasa semata, tanpa adanya suatu kepastian yang benar dan suatu bukti yang pas untuk membuktikannya.

 

Kenapa orang melakukan KEBOHONGAN ?

Ada banyak alasan kenapa orang-orang melakukan suatu KEBOHONGAN, akan tetapi biasanya hanya ada beberapa saja yang yang menjadi alasan-alasan seseorang kenapa mereka BERBOHONG, diantaranya :

  1. Untuk memendam rahasia pribadi (AIB) mereka atau rahasia orang terdekatnya, agar orang lain tidak mengetahui rahasianya tersebut.
  2. Untuk menutupi hal-hal buruk yang telah dilakukannya dan biasanya hal-hal buruk yang ditutupinya itu adalah suatu kejahatan. Misalnya seorang pencuri yang menutupi kejahatannya karena takut ketahuan kalau dia adalah seorang pencuri.
  3. Berbohong untuk menghasilkan keuntungan yang besar, biasanya ini dilakukan oleh para pedagang. Mereka rela berbohong dengan konsumennya agar mereka mendapatkan keuntungan yang sangat besar.
  4. Berbohong hanya karena iseng belaka, untuk hal ini tanpa kita sadarai ternyata kita melakukan hal ini dan biasanya kebohongan ini dilakukan karena mereka ingin membuat orang terdekatnya bahagia, tapi ada juga orang-orang yang melakukannya karena ingin membahagiakan dirinya sendiri.

Hal-hal diataslah yang menyebabkan kenapa orang-orang biasanya melakukan KEBOHONGAN, baik itu hal yang mereka sengaja maupun yang tak sengaja mereka lakukan.

 

Apa saja bentuk KEBOHONGAN itu ?

KEBOHONGAN itu memiliki 3 bentuk dan ini biasanya terjadi di dalam kehidupan masyarakat bahkan diri kita sendiri, yaitu :

  1. Berdusta, dusta sama saja artinya dengan bohong. Akan tetapi biasanya orang-orang yang berdusta ini mengatakan sesuatu yang tidak benar untuk menyesatkan orang lain.
  2. Rekayasa, rekayasa atau manipulasi adalah sesuatu yang dirancang dengan baik untuk orang lain dan biasanya memiliki tujuan untuk mementingkan dirinya sendiri, padahal orang yang dibohongi nya tersebut mengalami kerugian.
  3. Fitnah, seperti yang pernah kita dengar dan kita ketahui, bahwa fitnah itu lebih kejam dari pada pembunuhan. Itu benar, karena akibat dari fitnah itu sangatlah fatal bahkan dapat membuat seseorang yang difitnah tersebut tidak dapat membela dirinya sendiri. Itu disebabkan fitnah atau kebohongannya itu dapat berkembang ke orang lain.

 

Apa akibat yang terjadi pada diri sendiri dari KEBOHONGAN nya tersebut ?

Orang-orang yang melakukan KEBOHONGAN biasanya tidak akan berani untuk mengungkapkan kebenaran yang terjadi dan juga biasanya orang-orang yang BERBOHONG itu memiliki batin yang lemah apabila mereka ingin berkata JUJUR. Tidak hanya itu saja, tanpa kita sadari apabila kita melakukan KEBOHONGAN itu sama saja kita telah menghancurkan harga diri kita sendiri dan akibatnya kita tidak mampu bahkan gengsi bila dekat dengan orang-orang yang memiliki kepintaran yang lebih dari kita.

 

Apa hukum orang-orang yang berbohong dalam ISLAM ?

Didalam Islam sudah pasti berbohong itu sangat-sangatlah dilarang, karena itu termasuk sifat yang paling dibenci ALLAH Swt. Dalam surat Adz Dzaariyaat ayat 10 dijelaskan “Terkutuklah orang-orang yang banyak berdusta”, didalam surat Al Baqarah ayat 10 pun dijelaskan “Dalam hati mereka ada penyakit, lalu ditambah Allah penyakitnya; dan bagi mereka siksa yang pedih, disebabkan mereka berdusta”. Maka itu jangan sekali-kali kamu melakukan KEBOHONGAN yang menyebabkan orang lain tersiksa, BERBOHONG itu boleh saja asalkan KEBOHONGAN tersebut tidak mencelakankan diri sendiri maupun diri orang lain.

Imam Bukhori menjelaskan “Hendaklah kamu selalu benar. Sesungguhnya kebenaran membawa kepada kebajikan dan kebajikan membawa ke surga. Selama seorang benar dan selalu memilih kebenaran dia tercatat di sisi Allah seorang yang benar (jujur). Hati-hatilah terhadap dusta. Sesungguhnya dusta membawa kepada kejahatan dan kejahatan membawa kepada neraka. Selama seorang dusta dan selalu memilih dusta dia tercatat di sisi Allah sebagai seorang pendusta (pembohong).”

 

Semoga kita menjadi orang-orang yang selalu beriman dan di ridho’i ALLAH Swt dan jadilah orang-orang yang selalu berkata jujur demi kebaikan diri kita sendiri.

 

Sekian catatan dari saya, apabila ada salah-salah kata didalam catatan ini saya meminta maaf yang sebesar-besarnya dan kepada ALLAH Swt saya mohon ampun.

Wassalamuallaikum.wr.wb