Menurut data Depdiknas, tahun 2007-2008 terdapat sekitar 1,5 juta remaja putus sekolah.

VIVAnews – Menyadari pentingnya pemerataan pendidikan, Kaskus Peduli mengumumkan kerja samanya dengan Yayasan Cinta Anak bangsa (YCAB). Tujuannya adalah mengajak Kaskuser atau penghuni forum Kaskus untuk menjadi Angel of Change bagi anak-anak jalanan dan putus sekolah.

Dengan menyumbang uang berapapun nominalnya ke rekening Kaskus Peduli, Kaskuser akan menjadi Angel of Change bagi anak-anak tersebut. Program ini akan berlangsung selama enam bulan sampai November 2010.

Menurut data dari Departemen Pendidikan Nasional pada tahun 2007-2008, terdapat sekitar 1,5 juta remaja Indonesia yang putus sekolah, dengan asumsi ada empat remaja yang putus sekolah setiap satu menitnya.

Ditambah lagi, temuan ILO pada tahun 2004, 92,8 persen anak jalanan berujung menjadi pengedar narkoba untuk membiayai kehidupan mereka, dan bahkan turut menjadi pengguna narkoba.

“Melalui bantuan dari Kaskuser, diharapkan angka jumlah anak yang putus sekolah dapat berkurang, sehingga tingkat pemakaian narkoba pun dapat ditekan,” kata Ken Dean Lawadinata, Chief Executive Officer Kaskus Networks, pada keterangannya, 21 Mei 2010.

“Kami yakin bahwa Kaskuser adalah orang-orang yang peduli terhadap isu yang terjadi di sekitarnya. Apalagi ini menyangkut pendidikan dan masa depan Indonesia. Maka, kami berharap melalui program Angel of Change, Kaskus Peduli dapat memfasilitasi Kaskuser yang awalnya hanya mengetahui isu ini namun sekarang ingin langsung turut berpartisipasi,” ucap Ken.

Bagi Kaskuser yang ingin memberikan sumbangan, Kaskus menyediakan nomor rekening BCA cabang Pangeran Jayakarta, atas nama PT. Darta Media Indonesia, dengan nomor rekening 241 301 5600, untuk menerima transfer uang.

“Seluruh dana yang terkumpul akan dialokasikan untuk Rumah Belajar Cinta Anak Bangsa (RBCAB) yang merupakan sekolah bagi anak-anak jalanan dan putus sekolah tersebut,” ucap Ken.

Berdasarkan perhitungan YCAB, dibutuhkan dana sebesar Rp 200.000 untuk membiayai keperluan pendidikan satu orang anak setiap bulannya. Sampai hari ini sudah terdapat tiga unit RBCAB dengan anak didik lebih dari 6.000 orang. Dan, untuk tahun 2010 ini, YCAB menargetkan untuk menjangkau 4.000 anak.

“Selain penggalangan dana, kami juga menyediakan sub-forum khusus Angel of Change untuk berdikusi mengenai masalah pendidikan anak serta update informasi mengenai aktivitas RBCAB maupun kegiatan program Angel of Change lainnya.” ucap Ken. (hs)

• VIVAnews