ISLAMABAD – Tidak hanya memblokir YouTube, pemerintah Pakistan juga memerintahkan untuk memblokir YouTube, sebagai protes atas ‘hari menggambar Nabi Muhammad Sedunia’ yang dilakukan pada hari ini, Kamis (20/5/2010).

“Kami telah memblokir YouTube. Pertama, kami memang memblokir url di Facebook yang menampilkan kompetisi online menggambar Nabi SAW, namun kami juga memutuskan untuk memblokir YouTube untuk menghindari adanya konten tersebut di masa yang akan datang,” ujar Regulator Telekomunikasi di Pakistan (PTA) Khurram Mehran, seperti dikutip melalui Straits Times, Kamis (20/5/2010).

Sejak Rabu, 19 Mei lalu, PTA memang telah memblokir Facebook atas perintah pengadilan yang menutup akses situs jejaring sosial tersebut hingga 31 Mei untuk menghindari fan page ‘Everybody Draw Mohammed Day’.

Menurut Ketua Asosiasi Penyedia Jasa Internet di Pakistan (ISPAK) Wahaj Siraj, yang juga CEO Nayatel, mengungkapkan jika aksi blokir ini hanya akan menurunkan seperempat persen trafik internet di negara tersebut. Menurutnya, kedua situs ini, YouTube dan Facebook hanya berkontribusi sebesar 20 hingga 25 persen trafik internet di Pakistan.

Fan page ‘Everybody Draw Mohammad Day’ menyebarkan seruan untuk menggambar sketsa Nabi Muhammad dan mempostingnya di Facebook pada tanggal 20 Mei ini.

Dalam keterangan di akun tersebut, sang admin yang tidak diketahui namanya itu mengungkapkan jika fan page ini dibuat sebagai bentuk respon atas hujatan para muslim di dunia (khususnya blogger muslim) terhadap Comedy Central yang menunjukkan sketsa Nabi Muhammad mengenakan stelan beruang dalam salah satu episode South Park. Oleh karena itu, kartunis asal Seattle bernama Molly Norris mengajak semua seniman di seluruh dunia untuk menciptakan penggambaran Nabi Muhammad pada tanggal 20 Mei. (srn)