TEL AVIV – Peneliti Israel berhasil mengembangkan algoritma komputer yang mampu mengidentifikasi sarkasme (sindiran tajam) dalam teks tertulis di komputer.

Dirancang oleh ilmuwan komputer di The Hebrew University di Yerusalem, teknologi algoritma itu bisa membuka jalan untuk temuan komunikasi yang lebih canggih antara manusia dan komputer.

Sebuah rumus baru telah diprogram untuk mengenali sarkasme dalam teks-teks panjang dengan menganalisa pola-pola kalimat dan tanda baca yang sering digunakan untuk menunjukkan ejekan atau sindiran.

Ujicoba tersebut melibatkan 66.000 produk yang diposting di situs belanja Amazon. Dalam ujicoba tersebut, teknologi algoritma itu memberikan hasil yang cukup mengesankan dengan tingkat keberhasilan 77 persen dalam memilih komentar sinis yang diposting pengunjung untuk menilai produk di Amazon. Hasil ini lebih tinggi dibandingkan penilaian manusia.

Peneliti membekali algoritma dengan sekira 5.500 kalimat sarkasme agar dapat mengenali kalimat tersebut di komputer.

“Kami menemukan fitur kuat yang dapat mengenali ucapan-ucapan sarkastik, Namun, kombinasi fitur-fitur yang lebih halus menjadi yang terbaik dalam mengenali berbagai aspek sarkasme,” ujar peneliti dari universitas tersebut, seperti dilansir melalui Big News Network, Jumat (21/5/2010).

Menurut para peneliti, teknologi pengenalan sarkasme ini bisa membantu para pengelola situs untuk menyortir komentar yang masuk dalam situs tersebut secara otomatis. (srn)