Pelanggan layanan BlackBerry masih bisa mengakses Facebook.

VIVAnews – Walaupun telah diblokir oleh pemerintah Pakistan, ternyata masih ada saja penduduk Pakistan yang masih bisa mengakses Faecbook.

Situs berita Pakistan Nation.com melaporkan bahwa para pelanggan layanan mobile internet dari operator international, terutama pelanggan BlackBerry Service masih bisa mengakses situs jejaring sosial terbesar di dunia itu.

Tapi, beberapa operator mobile di Pakistan mengatakan, bahwa mereka telah berkomunikasi dengan Research in Motion untuk menerapkan blokir terhadap Facebook, seperti yang diperintahkan oleh pengadilan Pakistan.

Bila RIM tak menghiraukan perintah blokir tersebut, salah satu operator mobile terkemuka di Pakistan bahkan menyerukan kepada masyarakat Pakistan untuk tidak lagi berlangganan layanan BlackBerry.

Perintah blokir Facebook di Pakistan ditetapkan oleh Pengadilan Tinggi Lahore Pakistan, setelah munculnya kontes bertajuk ‘Draw Mohammed Day‘ di Faecbook yang mengajak para pengguna Facebook untuk mengirimkan kartun karikatur Nabi Muhammad SAW. Lomba ini tentu saja sangat tidak pantas.

“Oleh karenanya Pakistan Telecommunication Authority (organisasi pengawas sektor TI dan telekomunikasi di Pakistan), telah mengarahkan semua operator terkait di Pakistan, untuk memblokir Facebook hingga ada perintah selanjutnya,” ujar salah satu pejabat resmi Pakistan kepada Nation.com. (wm)

Pada perkembangannya, Pakistan memang tak hanya memblokir Facebook, namun juga memblokir situs berbagi video YouTube, karena banyak pengguna jejaring Facebook yang memberikan link video menghina Nabi di YouTube.

• VIVAnews