BEIJING – Beberapa hari belakangan Acer gencar diberitakan akan memamerkan netbook pertama mereka yang berbasis OS Chrome. Setelah lama beredar, akhirnya produsen tersebut menjawab spekulasi yang beredar di berbagai kalangan.
“Meskipun rumor mengenai peluncuran netbook berbasis OS Chrome di Computex ramai diberitakan, Acer hari ini menegaskan bahwa kami tidak memiliki rencana jangka pendek untuk produk tersebut,” kata perusahaan dalam sebuah pernyataan e-mail, yang dilansir PC World, Selasa (18/5/2010).

OS Chrome sendiri telah diumumkan kehadirannya oleh Google Juli lalu. Pada saat itu, perusahaan asal Taiwan itu berjanji akan mengembangkan netbook yang berjalan dengan OS Google Chrome dan akan tersedia untuk konsumen di paruh kedua tahun 2010. Tapi rencana tersebut nampaknya masih diawang-awang.

Acer, yang mengklaim sebagai vendor PC nomor satu tersebut, mengatakan sistem operasi Google cukup menarik, tetapi bahwa ini menguntungkan untuk dijual ke konsumen memerlukan penelitian lebih lanjut. Ini artinya, jangan berharap netbook dengan OS Chrome dapat dengan segera dirilis.

“Acer akan mengikuti perkembangan dan kemajuan dari Google Chrome dan evolusi strategi produk secara keseluruhan Google sangat bagus,” kata pihak Acer.

Pada Computex tahun lalu, Acer sukses memamerkan netbook yang berjalan sistem operasi Android, yang populer untuk digunakan pada smartphone tentunya akan tumpang tindih dengan netbook.

Selain netbook, isu lain yang merebak menyebutkan Chrome OS ini akan masuk ke beberapa perangkat yang Acer buat, seperti laptop, walaupun tidak tertutup kemungkinan termasuk netbook, smartbook dan tablet, yang kabarnya juga akan didukung oleh berbagai prosesor buatan ARM.
(tyo)