VIVAnews – Western Digital Corp. (WDC), lewat perwakilannya di Indonesia mengumumkan bahwa mereka telah mendistribusikan harddisk terbaru mereka yakni seri WD VelociRaptor, berkapasitas 450GB dan 600GB.

Harddisk seri ini merupakan harddisk di jajaran harddisk internal SATA 2,5 inci – dikemas dengan mounting frame hingga siap dipasang di casing komputer desktop ataupun server – dengan kecepatan putar piringan hingga 10 ribu RPM.

“Kalau dulu kapasitas harddisk berkecepatan tinggi hanya mencapai 300GB, kini kami menghadirkan kapasitas hingga 450 dan 600GB,” kata Patrick Lo, Regional Product Marketing Manager, Enterprise Business Unit, di Jakarta, Selasa 11 Mei 2010.

Harddisk ini, Lo menyebutkan, cocok digunakan oleh server, PC kelas performa yang membutuhkan kinerja tinggi dan kapasitas besar. Adapun mounting frame, selain berguna untuk memudahkan pemasangan pada casing, berfungsi sebagai penyejuk suhu.

Selain meningkatkan kapasitas, Western Digital juga melipatgandakan cache memory harddisk VelociRaptor mereka dari 16MB menjadi 32MB. Selain itu, dukungan SATA 2 yang mampu mentransfer data dengan kecepatan hingga 3Gb per detik juga dinaikkan menjadi SATA 3 yang memiliki kecepatan transfer maksimal hingga 6Gb per detik.

“VelociRaptor memiliki masa pakai hingga 1,4 juta jam. Jika digunakan 24 jam non stop, setiap hari dalam seminggu, maka harddisk ini mampu bertahan hingga 162 tahun,” klaim Lo.

Untuk memberikan kenyamanan bagi pengguna, Western Digital menyediakan garansi selama 3 tahun. “Satu tahun pertama garansi diberikan berupa 1 to 1 replacement, adapun 2 tahun berikutnya garansi servis,” kata Harianto Karim, Sales Manager Western Digital Indonesia, pada kesempatan yang sama.

Di Indonesia, VelociRaptor 450GB dan 650GB tersedia lewat jalur distribusi Western Digital di kisaran harga US$ 299 dan US$ 350. (art)

• VIVAnews