Adobe Creative Suite 5 Master Collection (Adobe.com)

VIVAnews – Adobe secara resmi mengumumkan kehadiran software Creative Suite versi terbarunya untuk mendukung teknologi desain pada komputer Apple, yakni Adobe Creative Suite 5.

Seperti dilansir VIVAnews dari laman TechRadar, Selasa 13 April 2010, Adobe CS5 menawarkan lebih dari 250 fitur baru untuk kebutuhan para desainer. Selain itu, konsolidasinya dengan Photoshop mendapatkan beberapa update radikal dan bergeser menjadi 64-bit pada Mac.

Photoshop CS5 di dalamnya membuat pengguna lebih mudah ketika mendeteksi border atau objek di dalam sebuah gambar, jauh lebih mudah jika ingin meng-edit gambar atau mengaplikasikan efek.

Fitur terbaik pada versi ini adalah Content-Aware Fill. Dengan fitur ini, ketika Anda memotong suatu objek dari sebuah gambar, Photoshop secara otomatis akan mengisi ruang tersebut dengan gambar atau pattern tertentu.

Bagi Anda yang sudah profesional, mungkin Anda lebih senang mendengar kabar kemunculan tool baru untuk Kuas (Brush), yang mana beberapa di antaranya mirip seperti kuas yang ada di Corel Painter. Ia memiliki kemampuan menggabungkan “cat basah” dan stroke yang berbeda.

Ada pula tool baru, yang belum ada di versi-versi sebelumnya. Bertajuk Flash Catalyst, tool ini dirancang untuk membantu para desainer cetak tradisional bermigrasi ke desain interaktif.

Aplikasi-aplikasi penting lainnya, seperti Ilustrator CS5, Dreamweaver CS5, dan Flash CS5, juga telah diperbaharui dan seluruhnya termasuk dalam versi Web Premium suite.

Bagi Anda yang penasaran dan ingin mengintip apa saja kelebihannya, Anda bisa mengunjungi link berikut ini. Tak ada keterangan lebih lanjut terkait harganya. Adobe hanya mengumumkan ketersediaannya dalam waktu dekat, sekurang-kurangnya dalam kurun waktu 30 hari ke depan.

• VIVAnews