VIVAnews – Research In Motion, perusahaan pembuat smartphone BlackBerry mengumumkan langkah mereka membeli QNX Software Systems. Tidak disebutkan berapa biaya yang mereka keluarkan untuk mengakuisisi perusahaan yang belum populer tersebut.

Meski akuisisi dalam industri teknologi merupakan hal yang umum, akan tetapi langkah yang diambil RIM ini cukup menarik perhatian.

“Langkah RIM untuk membeli QNX merupakan upaya untuk lebih mengintegrasi dan meningkatkan pengalaman pengguna antara smartphone dan sistem audio dan hiburan di dalam kendaraan,” kata Mike Lazaridis, Chief Executive Officer RIM, seperti VIVAnews kutip dari Engadget, 10 April 2010.

Dengan langkah tersebut, Lazaridis menyebutkan, perusahaan yang diakuisisi itu akan menghadirkan nilai lebih bagi RIM dari sisi dukungan terhadap rencana produk yang belum diumumkan, yakni seputar pembuatan periferal cerdas.

Lazaridis sendiri tidak memberikan informasi lebih spesifik seputar rencananya, akan tetapi penyebutan‘periferal cerdas’ memberikan titik terang. Sebagai informasi, beberapa waktu lalu QNX Software Systems terlibat dalam proyek seperti LTE Connected Car.

Seperti pengumuman akuisisi pada umumnya, proses pembelian perusahaan ini juga belum selesai. Akan tetapi baik RIM ataupun QNX yakin bahwa seluruh proses administratif akan selesai dalam 30 sampai 45 hari setelah mendapat persetujuan pihak berwenang.

• VIVAnews