Turtle, rencana ponsel besutan Microsoft (Gizmodo)

Cuma beda dua hari setelah Apple melempar iPad ke pasar Amerika Serikat, kompetitornya, Microsoft, mengirimkan undangan misterius kepada media-media di Amerika Serikat.

Saking rahasianya, para jurnalis yang diundang pun dibuat penasaran karena undangan itu tidak menyebutkan secara jelas, acara apa yang akan digelar oleh Microsoft nanti.

Di undangan, cuma tertulis waktu acara, tempat acara dilangsungkan, serta tema undangan yang tertera besar-besar di amplop bulat “It’s time to share”.

Namun, menurut Wall Street Journal yang dikutip oleh Silicon Alley Insider, ternyata acara yang bakal digelar Senin, 12 April 2010 di San Francisco, adalah acara peluncuran ponsel pintar Microsoft yang sebelumnya telah banyak dibicarakan.

“Microsoft akan mengumumkan lini baru dari produk ponsel mereka, yang akan memiliki kemampuan social networking, dan ditujukan bagi konsumen muda,” kata sumber WSJ.

Ponsel ini, kata dia, adalah bagian dari upaya Microsoft untuk bertahan di dunia mobile. Perangkat ponsel yang akan diluncurkan nanti adalah proyek yang diberi nama kode ‘Pink’.

Ponsel ini diperkirakan bakal mengadopsi sistem operasi yang berbasis Windows CE, seperti sistem operasi yang digunakan oleh pemutar media Zune maupun Windows Phone 7.

Ia memiliki antarmuka panel kotak-kotak yang menyediakan shortcut untuk musik, email, RSS feeds, jejaring sosial Facebook, Twitter, Windows Live, dan Yahoo.

Ponsel-ponsel Microsoft yang akan diluncurkan, bakal diproduksi oleh perusahaan asal Jepang, Sharp dan penjualannya bakal bekerja sama dengan operator di Amerika Serikat, yakni Verizon Wireless.

Peluncuran ponsel ini menggambarkan keseriusan Microsoft untuk terjun lebih jauh di bidang hardware ponsel pintar, sekaligus sebagai penyegaran untuk bisa terus berkompetisi dengan platform-platform ponsel pintar lain seperti Apple, RIM, Nokia-Symbian, maupun Android.